RPP

Posted by Junari Sape 0 komentar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    : SMP / MTs
Kelas / Semester       : VIII / IV
Mata Pelajaran         : IPA FISIKA
Tahun Pelajaran        : 2012/ 2013
Alokasi Waktu          : 15 Menit
Judul                          : Energi Potensial
A.    Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

B.     Kompetensi Dasar
5.3 menjelaskan hubungan, bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

C.    Indikator
a.      Kognitif
1.  Produk
*      Mendeskripsikan pengertian energi potensial
*      Menghitung besar energi potensial dengan menggunakan persamaan Ep = m.g.h
b.      Afektif
a). Karakter
*        Percaya diri
*        Disiplin
*        Tanggung jawab
b).  Keterampilan sosial
*         Mengajukan pertanyaan dan
*          mengemukakan pendapat
               
D.    Tujuan Pembelajaran
a.    Kognitif
ü Produk
*        Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan pengertian energi potensial (Ep) dengan tepat
*        Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan hubungan antara energi potensial (Ep) dan massa (m) tanpa melihat buku
*        Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan hubungan antara energi potensial (Ep) dan ketinggian (h) tanpa melihat buku
*        Diketahui massa, ketinggian, dan kecepatan gravitasi, siswa dapat menghitung besarnya energi potensial (Ep) dengan menggunakan persamaan Ep = m.g.h minimal 2 menit

b.   Afektif
ü Karakter
*        Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa mampu menunjukkan minimal keaktifannya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
*        Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa mampu menunjukkan minimal menerapkan sikap percaya diri dalam mengerjakan soal
*        Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa mampu menunjukkan minimal kemajuan bersikap disiplin dalam mengerjakan soal
*        Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa mampu menunjukkan minimal rasa tanggung jawab atas soal-soal yang telah dikerjakan
ü Keterampilan sosial
*        Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa mampu menunjukkan minimal keaktifannya dalam proses pembelajaran yaitu dengan Mengajukan pertanyaan apabila mengalami kesulitan
*        Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa mampu menunjukkan minimal  keaktifannya dalam mengemukakan pendapat

E.     Materi Pembelajaran
*      Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena letak / kedudukannya dari acuan tertentu.

Perhatikan gambar / ilustrasi di bawah ini :

10 kg
8 kg
  A                       B                     C
5 kg




              2 m                    2 m                        2 m


Gambar / ilustrasi diatas menunjukkan bahwa benda A, B, dan C memiliki  massa yang berbeda, akan tetapi berada pada ketinggian yang sama. Apabila benda A, B dan C kita angkat, maka yang paling banyak membutuhkan energy adalah pada saat mengangkat benda C, kemudian benda B dan yang paling sedikit membutuhkan energy adalah pada saat mengangkat benda A. nah dari ilustrasi diatas sehingga dapat disimpulkan bahwa Semakin besar massa suatu benda, maka semakin besar pula energy potensial yang dibutuhkan atau bisa dikatakan bahwa Energi potensial itu bergantung pada massa benda. Kemudian perhatikan ilustrasi /gambar yang ke- 2

C                           D                           E
5 kg
5 kg
5 kg




2 m                                                                    7 m
                                                        5 m




Gambar / Ilustrasi diatas menunjukkan bahwa benda C, D, dan E memiliki massa yang sama, akan tetapi berada pada ketinggian yang berbeda. Apabila benda C, D. dan E tersebut kita angkat, maka yang paling banyak membutuhkan energy adalah pada saat mengangkat benda E, kemudian benda D dan yang paling sedikit membutuhkan energy adalah pada saat mengangkat benda C. nah dari ilustrasi diatas sehingga dapat dikatakan bahwa Semakin tinggi letak suatu benda, maka semakin besar / tinggi pula energy potensial yang dibutuhkan atau bisa dikatakan bahwa Energi potensial itu bergantung pada letak / ketinggian suatu benda. Energi potensial dapat dihitung dengan menggunakan persamaan Ep = m.g.h.
 Di mana:
                      Ep = besar energy potensial (Joule)
                      m = besar massa suatu benda (kg)
                      g = gaya gravitasi bumi (m/s2)
                      h = tinggi suatu benda (m)
contoh soal
Sebuah benda memiliki massa sebesar 12 kg di letakkan pada ketinggian 15 meter. Maka hitunglah berapakah besar E nergi Potensialnya? Jika diketahui g = 10 m/s2
Jawab:
Dik:  m = 12 kg
 h = 15 m
  g = 10 m/s2
Dit : Ep = ....?
Penyelesaian:
Ep = m.g.h
      = (12 kg).(10 m/s2).(15 m)
      = 1800 joule
Soal latihan  
Sebuah benda diangkat pada ketinggian 25 m, Energi potensial yang dibutuhkan adalah sebesar 180 joule. Hitunglah berapakah massa benda tersebut? Jika kecepatan grafitasinya adalah sebesar 10 m/s2.

F.     Model / Metode Pembelajaran
*      Model         : Direct Instruction
*      Metode       : Tanya Jawab



G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan awal
Fase
Kegiatan guru
waktu
1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
1.      Guru mengecek kehadiran siswa untuk belajar
2.      Guru memotivasi siswa dengan cara tanya jawab tentang energi potensial yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta cakupan materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut
2 menit
B.     Kegiatan inti
2
Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
1.        Guru mendemonstrasikan hubungan antara Energi potensial dan massa
2.        Guru mendemonstrasikan hubungan antara Energi potensial dan ketinggian
3.        Guru mendemonstrasikan persamaan energi potensial
4.        Guru memberikan contoh soal
10 menit
3
Membimbing pelatihan
1.      Guru memberikan soal Iatihan kepada siswa
2.      Guru membimbing siswa apabila mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal latihan
4
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
1.         Guru memanggil satu orang siswa untuk mengerjakan soal latihan yang diberikan dan setelah itu, kemudian mencocokkannya dengan pekerjaan siswa lain. Dan apabila masih ada siswa yang belum mengerti maka dijelaskan lagi.
5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjut dan penerapan
1.         Guru memberikan soal lanjutan yang tingkatnya lebih tinggi
C.    Kegiatan akhir
1.        Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan
2.      Guru meminta salah satu siswa untuk menyimpulkan jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut
3.      Guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah
4.      Guru mengingatkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya yaitu mengenai energi kinetik
3 menit
H.    SUMBER BELAJAR
·         Buku ajar

I.       PENILAIAN
Tekhnik Penilaian
Tekhnik     : Lisan
Bentuk      : Uraian dan PG
 INSTRUMEN
1.      Penilaian kognitif
No
Indikator
Butir soal
Jawaban
Skor
1.






 2.






3.






4.











5





a. Produk
*      Mendeskripsikan  pengertian energi potensial



*      Mendeskripsikan hubungan antara energi potensial (Ep) dan massa (m)


*      Mendeskripsikan hubungan antara energi potensial (Ep) dan ketinggian (h)


*      Menghitung besar energi potensial dengan menggunakan persamaan Ep = m.g.h










Sebutkan pengertian energi potensial




Sebutkan hubungan antara Energi Potensial dengan massa





Sebutkan hubungan antara Energi Potensial dan ketinggian




Sebuah benda memiliki massa sebesar 5 kg di letakkan pada ketinggian 12 meter. Maka hitunglah berapakah besar E nergi Potensialnya? Jika diketahui g = 10 m/s2





Apakah satuan dari energi potensial?
a.    m
b.    m/s2
c.    joule
d.   kg

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda karena letak / kedudukannya dari acuan tertentu

Semakin besar massa suatu benda, maka semakin besar pula Energi Potensial (Ep) yang di butuhkan / dihasiklkan


Semakin tinggi letak suatu benda, maka semakin besar pula Energi Potensial (Ep) yang di butuhkan / dihasiklkan


 Jawab:
Dik: m= 5 kg
        h = 12 m
        g = 10 m/s2
Dit : Ep = ....?
Penyelesaian:
Ep = m.g.h
      = (5 kg).(10 m/s2).(12 m)
      = 600 joule


C


2.      Penilaian Afektif
Indikator
Format penilaian
Skor
A.    Afektif
 a). Karakter
                               - Disiplin
               - Tanggung jawab
                              -   Percaya diri

  



b).  Keterampilan sosial
               - Mengajukan pertanyaan apabila mengalami kesulitan
            - Mengemukakan pendapat



1.     Penilaian perilaku berkarakter
No.

UT Kinerja
Skor max
Skor yang diperoleh
1.
Disiplin
20

2.
Bertanggung jawab
20

3
Percaya diri
10


2.     Penilaian keterampilan sosial
No.
UT Kinerja
Skor max
Skor yang diperoleh
1.
Mengajukan pertanyaan apabila mengalami kesulitan 
25

2.
Mengemukakan pendapat
25











0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of St Junari .